https://sumbawa.times.co.id/
Gaya Hidup

6 Tips Diet Setelah Lebaran yang Efektif Kembalikan Berat Badan

Selasa, 23 April 2024 - 11:34
6 Tips Diet Setelah Lebaran yang Efektif Kembalikan Berat Badan Foto: img.freepik

TIMES SUMBAWA, JAKARTA – Apakah Anda salah satu orang yang bertambah berat badannya setelah lebaran? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai tips diet setelah lebaran yang mudah untuk diaplikasikan. Tentunya, tips tersebut aman dilakukan dan bisa mengembalikan berat badan Anda kembali ideal.

Salah satu yang bisa Anda terapkan tentu saja dengan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, pola hidup Anda menjadi lebih sehat serta dapat menjaga berat badan stabil dan mencegah timbangan melonjak. Untuk memudahkan Anda, Anda bisa berbelanja di online shop dengan official store terlengkap di Indonesia, yakni Blibli untuk membeli bahan-bahan makanan sehat. 

6 Tips Diet Setelah Lebaran yang Efektif Kembalikan Berat Badan

Lebaran identik dengan hidangan lezat yang menggoda sehingga tidak sedikit orang yang mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran. Jika Anda mengalami hal yang sama, simak apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan berat badan setelah lebaran, berikut ini:

1. Lakukan Puasa Syawal

Selain mendapatkan pahala, puasa syawal yang dilakukan selama 6 hari juga bisa membantu tubuh untuk beradaptasi dengan pola makan yang teratur. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Di hari-hari berikutnya, Anda bisa mencoba untuk puasa Senin dan Kamis jika ingin menjaga bentuk tubuh.

2. Atur Pola Makan 

Ketika lebaran, pola makan berubah drastic apalagi jika Anda disuguhkan dengan hidangan yang menggiurkan saat lebaran. Agar berat badan Anda turun, cobalah untuk mengatur pola makan. Sebisa mungkin jangan lewatkan waktu makan, yakni dengan makan makanan utama sebanyak 3 kali dan mengkonsumsi snack sehat sebanyak 2 hingga 3 kali.

Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup dan Anda terhindar dari keinginan makan yang berlebihan. Kemudian, gunakan piring kecil untuk mengontrol porsi makan dan perbanyak konsumsi sayur dan buah.

3. Kurangi Makanan Berlemak dan Berminyak

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda bisa mengkonsumsi protein tanpa lemak, seperti ikan dan ayam rebus atau bakar. Kurangi juga mengkonsumsi makanan yang digoreng menggunakan minyak karena mengandung kalori yang tinggi dan dapat meningkatkan berat badan.

4. Kurangi Makanan Manis dan Mengandung Gula

Tips diet setelah lebaran selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis atau yang mengandung gula. Pasalnya, mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan kalori dan dapat memicu penyakit berbahaya lainnya selain obesitas, yakni diabetes. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah segar maupun yoghurt rendah lemak dan tanpa pemanis tambahan.

5. Perbanyak Konsumsi Serat

Makanan berserat dapat membantu Anda lebih cepat kenyak dan mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda dapat mengendalikan keinginan untuk makan dengan porsi berlebihan. Berbagai makanan yang kaya akan serat adalah sayur, buah, dan juga biji-bijian.

6. Rutin Berolahraga

Meskipun masih suasana lebaran, luangkanlah waktu untuk berolahraga. Pasalnya, olahraga dapat mempercepat proses metabolisme sehingga pembakaran kalori menjadi lebih banyak. Namun, tetap perhatikan pilihan dan durasi olahraga sesuai kemampuan. Idealnya, Anda dapat berolahraga 4-5 kali seminggu, minimal 30 menit.

Itulah 6 tips diet setelah lebaran untuk mengembalikan berat badan yang dijamin efektif dan aman dilakukan. Agar hasilnya optimal, Anda bisa melakukan tips tersebut dengan disiplin.

Kemudian, jaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Yuk, langsung saja check out berbagai bahan makanan sehat di Blibli. Dengan berbelanja di Blibli, Anda bisa menghemat pengeluaran karena Blibli sering menawarkan voucher cashback, free ongkir, dan juga flash sale yang tentunya menguntungkan Anda.

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumbawa just now

Welcome to TIMES Sumbawa

TIMES Sumbawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.