Berita

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pelindo III Minta Dukungan Pemkab Sumba Timur

Sabtu, 19 Juni 2021 - 11:43
Tingkatkan Kualitas Layanan, Pelindo III Minta Dukungan Pemkab Sumba Timur Terminal Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT.(FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMES SUMBAWA, WAINGAPU – Untuk meningkatkan kualitas layanan pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo III Waingapu meminta dukungan Pemkab Sumba Timur NTT sebagai bentuk sinergi dalam upaya meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhan di pulau Sumba.

General Manager (GM) PT Pelindo III Waingapu M. Adib Fadli Sabtu (19/6/2021) mengatakan sejak beberapa hari bertugas di Waingapu pihaknya melihat kondisi Pelabuhan Waingapu yang masih harus dibenahi dan ditingkatkan lagi produktifitas pelayanan yang efektif dan efisien.

“Tentu dengan tugas saya yang baru ini saya harus benahi pelabuhan bersama KSOP dan Stakeholder yang bertugas diarea pelabuhan untuk lebih memperketat pengawasan pelabuhan sesuai aturan yang berlaku di  PT Pelindo III Waingapu disamping juga dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sumba Timur,” kata Adib.

Menurutnya, dukungan pemerintah daerah sangat penting dalam pengembangan pelabuhan karena pengembangan pelabuhan tergantung dengan peningkatan produksi bongkar muat barang dari area hinterlandnya, dimana salah satu hinterland Pelabuhan Waingapu yakni Kabupaten Sumba Timur   

Ia menjelaskan, peningkatan pelayanan dan pengawasan pelabuhan akan terus dilakukan sesuai prosedur dan aturan sehingga pelayanan yang diberikan kepada para pemakai jasa pelabuhan dapat lebih maksimal. Selain itu pihaknya juga mengharapkan seluruh pengguna jasa dapat memahami aturan yang berlaku di Pelabuhan. Jika masih ada hal-hal yang belum dilakukan berdasarkan aturan maka pihaknya akan memperbaiki sistem dalam meningkatkan pengawasan di Pelabuhan Waingapu.

“Jadi pengawasan pelayanan pelabuhan ini bukan hanya perketat masuk keluarnya penumpang atau pemakai jasa pelabuhan namun juga menghindari adanya pungli dikawasan pelabuhan jika ada temuan pungli diarea pelabuhan masyarakat dapat melaporkan dan akan dilakukan tindakan tegas,” tegas Adib.

Adib menambahkan terkait kejadian beberapa hari lalu antara pengguna jasa pelabuhan dan petugas PT Pelindo III Waingapu di area masuk pelabuhan adalah hal biasa yang seharusnya pengguna jasa pelabuhan memahami soal aturan masuk area pelabuhan karena ada batasannya sesuai aturan yang berlaku di PT Pelindo.

“Jadi bukannya kita melarang tetapi ada aturannya karena di area pelabuhan ada dua gerbang masuk yang pertama pas masuk kendaraan dan pas kedua hanya khusus untuk penumpang. Tentu hal ini belum banyak masyarakat yang memahami soal aturan masuk area pelabuhan milik PT Pelindo III Waingapu,” terang GM PT Pelindo III Waingapu M. Adib Fadli. (*)

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumbawa just now

Welcome to TIMES Sumbawa

TIMES Sumbawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.