https://sumbawa.times.co.id/
Berita

KLU Jadi Lokasi Rakor Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko PMK RI

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:11
KLU Jadi Lokasi Rakor Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko PMK RI Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu menyambut kedatangan Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Ir Aris Darmansyah Edisaputra. (Foto: Prokopimda KLU for TIMES Indonesia)

TIMES SUMBAWA, LOMBOK UTARAKabupaten Lombok Utara (KLU) menjadi lokasi Rapat Koordinasi (Rakor) Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang berlangsung  di Kantor Bupati Lombok Utara, Selasa (7/5/2024).

Rakor yang dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Ir Aris Darmansyah Edisaputra ini, dihadiri Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, Wakil Bupati Danny Karter, para deputi, direktur kementerian/lembaga RI, para Kepala OPD Provinsi dan KLU, serta undangan lainnya  

Aris menjelaskan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kolaborasi pembudayaan literasi, inovasi, dan kreativitas yang dilaksanakan di Bali, Sumba Barat, dan Magelang  Tahun 2022, Sumba Timur Tahun 2023. "Pembudayaan literasi, inovasi, dan kreativitas yang diselenggarakan hari ini  mendapatkan dukungan yang  dari 15 kementerian/lembaga," jelasnya.

Dipilihnya KLU sebagai lokasi dikarenakan pada Innovative Government Award tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kemendagri, KLU terpilih sebagai kabupaten yang terinovatif kategori Daerah Tertinggal. Literasi memiliki kontribusi positif membantu menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang tentu saja dapat meningkatkan produktivitas, dimana sekarang memasuki masa milenial,ilmu pengetahuan dan penemuan baru terus muncul setiap harinya, dengan menggencarkan literasi, diharapkan dapat memacu hadirnya inovasi-inovasi baru.

"Kehadiran kami di Lombok Utara hari ini, dapat meninggalkan sebuah legacy yang tentunya memberikan dampak positif bagi masyarakat secara khusus dalam peningkatan sumber daya manusia Indonesia," ungkapnya.

Adapun program yang dilakukan oleh masing-masing kementerian/lembaga di beberapa titik lokasi nantinya sebagai bentuk kolaborasi serta  pemberdayaan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu menyampaikan atas nama Pemda dan masyarakat mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas ditunjuknya KLU sebagai tempat rapat koordinasi pembudayaan literasi, inovasi dan kreativitas di tahun 2024 oleh Kemenko PMK RI.

"Harap saya peserta Rakor dari kementerian untuk bisa mengenal dan mengetahui budaya daerah ini," katanya.

Pada tahun 2024 KLU berusia 16 tahun banyak hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah demi menyejahterakan masyarakat, Lombok Utara juga  daerah tujuan wisatawan yang berkunjung ke Provinsi NTB, dengan beberapa wisata unggulan seperti gili, pantai, budaya dan lainnya.

Ia mengatakan, KLU telah mengalami dua ujian yang sangat besar yakni gempa bumi pada tahun 2018 silam yang meluluhlantakkan semua infrastruktur yang dimiliki oleh pemerintah maupun masyarakat, serta Covid-19 pada tahun 2020.

"Berbagi inovasi yang sudah di lakukan pemerintah daerah dalam rangka pemulihan pasca bencana yakni meningkatkan ekonomi palaku UMKM yang terpuruk akibat Covid-19, salah satunya pinjaman bank tanpa bunga," katanya.

Ditegaskan Djohan, Bunga Bank dibayarkan oleh Pemda KLU, program ini sudah berjalan sejak tahun 2022 lalu dan masyarakat sangat terbantuk. Kehadiran para pejabat Eselon I dan II dari berbagai kementerian dan lembaga RI nantinya dapat berkolaborasi dengan Pemda KLU sehingga kedepannya daerah ini semakin maju dan mampu keluar dari daerah tertinggal. (*)

Pewarta : Hery Mahardika
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumbawa just now

Welcome to TIMES Sumbawa

TIMES Sumbawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.